Latest Post

Arti Public Speaking yang sederhana

Written By Tolop Marbun Academy on Monday, August 5, 2019 | 7:04 AM

Pernahakan anda terpikir apa sih Public Speaking itu? Atau anda berpikir Public Speaking itu ribet dan jelimet? Simak penjelasan sebagai berikut..





5 Tips Jitu Instagram Marketing yang wajib anda tahu

Image by Photo Mix from Pixabay


Apakah anda mengguakan Instagram sebagai media promosi?  Apakah anda sedang penasaran kenapa  Interaksi postingan anda sepi? atau kenapa postingan anda belum masuk top posting?

Jika jawab anda, "YA", maka anda menemukan artiel yang tepat. Dari berbagai media yang saya pelajari dan pengalaman pribadi, serta pengalaman orang-orang yang pernah ikut kelas training saya saya baik yang online dan offine, setidak ada 5 Tips Jitu Instagram Marketing yang wajib anda tahu.

Kita mulai aja ya..

1. Test Gambar yang anda gunakan

Menurut saya powernya instagram itu adalah gambar. Maka wajib anda menggunakan gambar yang eye catching tinggi, atau unik, atau menarik, lebih baik lagi kalau foto yang anda gunakan foto professional.

Salah satu contoh yang saya pakai di A BEGGINER GUIDE TO THE MOST HYPNOTIC STORY TELLING adalah National Grapiphic



Kalau anda perhatikan time line National Graphic, gambarnya selalu "fresh" sehingga followersnya suka beriteraksi. Tentu ini butuh kerja keras. Kita bisa gunakan gambar di internet yang tidak punya hak cipta dan selalu berikan credit dari sumber yang anda ambil... Salah satu yang saya recomendasi Pixabay. Contohnya seperti gambar yang saya gunakan di atas.




2. Test Caption yang anda tulis.

Caption bisa menjadi detail dari gambar anda, tetapi akan lebih menarik, ketika anda ubah story telling.  Setiap target market itu unik. Saya ingat ketika saya mengajar copywriting online, saya mencoba membuat script untuk peserta, ternyata ada yang efektif, ada juga yang tidak ada perubahan. Satu kali dia coba bahasa alau bi lebay..ternyata responnya biak, jualanya laku...itu sebabnya, perlu di test..




3. Test Hastag yang anda gunakan.





Hastag sangat menentukan postingan anda di popular posting, biasanya 10 teratas akan mucul. Oleh sebab itu anda harus test dan ukur postingan anda.

Biasanya, semakin banyak pengguna hasthagnya, semakin tinggi persaingannya.. sebaliknya, semakin sedikit penggunaan hastagnta, semain sedikit persaingan, semakin sedikitnya juga yang mencari.


4. Tingkatkan interaksi

Kalau ada mau mendapatkan interaksi, mulailah interaksi. Kalau anda tidak berinteraksi, maka tipis kemungkinan orang berinteraksi dengan anda. Minimal LIKE posting orang lain, lebih baik lagi kalau anda bisa komen. Kecualia anda sudah punya brand ternama atau sudah terkenal, maka automatis, interaksi anda banyak....jadi buatlah interaksi terlebih dahulu, biar anda semakin terkenal




5. Tingkatkan followers

Sebenarnya instagram tanpa followers tetap bisa berinteraksi, tetapi lebih baik, punya followers, biar setiap kali anda update, sudah ada yang langsung bisa berinteraksi anda.


Semoga bermanfaat, silahkan share, biar semakin banyak yang merasakan manfaatnya....dan tinggalkan komentar atau pertayaan dikolom komentar dibawah ini..


7 TIps Paling jitu dalam Content Marketing

Written By Tolop Marbun Academy on Tuesday, July 30, 2019 | 4:05 AM

Credit Image: RecthMedia



Apakah anda bingung bagaimana jadi content marketing yang efektif? atau bagaimana tips jitu dalam kontent marketing?

Jika anda menjawab "YA", anda berada dalam artikel yang tepat...

Kali ini saya akan berbagi pengalaman, saya sudah mencoba mencari-cari tips paling jitu dalam marketig, tentu ini membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas, dari bagai bagai sumber yang saya pelajari dan yang sudah saya amati berikut: 7 TIps Paling jitu dalam Content Marketing

Kita mulai saja ya...


1. Tulis dalam bentuk cerita.

Secara alami manusia suka membaca cerita. Biasa content seperti lebih banyak berminat. Saya tahu tidak semua bisa dibuat dalam bentuk cerita. Tetapi selama anda masih bisa membuat dalam bentuk cerita, orang pasti akan suka membacanya.

Coba perhatikan sitron di Indonesia, kadang-kadang ceritanya mirip, intinya mirip, hanya channel, actor, dan judulnya berbeda, tetapi intinya semua dibuat dalam cerita.


2. Tulislah tentang tentang Audience anda.

Anda mungkin bingun siapa ya, audience saya. Saya selalu punya tips, mulai dari apa yang anda suka, mulai dari apa bisa, dan mulai dari apa yang anda pada anda. Akan selalu ada orang yang memiliki kesukaan seperti anda. Biasanya ini lebih mudah anda lakukan...

3. Selalu memberi solusi.

Coba ada perhatikan content-content yang ada di google dan sejenisnya, semua selalu berusaha memberi solusi. Anda tidak harus menyelesaikan semua masalah orang, setidaknya anda bisa memberikan setitik cahaya inspirasi  yang mungkin bisa menjadi solusi bagi mereka. Sekecil apapun mamfaat yang anda berikan, itu jauh lebih baik dari pada anda tidak berbuat apa-apa.


4.  Peka terhadap Trend

Setiap aspek kehidupan pasti anda trennya, bisa saja ikut trend, tetapi jangan sampai semua, nanti jadi tidak fokus alias tidak tertarget. Keharusan adalah trend sesuai dengan nice anda. Anda tidak harus mengikuti content orang lain, anda bisa membut review sendiri, sehingga tidak terkesan, copy paste.


5.  Selalu Menggunakan gambar

Gambar itu lebih berbicara banyak dari tulisan anda. Tidak semua point harus pakai gambar, tergantung kebutuhan artikel anda.  Catat baik-baik: setiap gambar punya eye catching yang powertul.

6. KEPOin Minat Audience anda.

Awalnya anda mulai dari apa yang anda suka, setelah anda melakukan, coba perhatikan audience paling banyak mengunjungi. Misalnya: ada suka design, setiap anda posting tentang design, banyak responnya.. kemudian anda posting, tentang bola, ternyata hanya sedikit responnya. Ini artinya, audience anda lebih suka design, maka bahaslah seputar design.


7. Konsisten

Konsisten tidak semudah anda membaca atikel ini, konsisten butuh disiplin. Baca artikel sebelumnya: 3 Hal yang wajib anda lakukan dalam content marketig.


Semoga bermanfaat, ingat, selalu like dan share...dan tinggalkan jejak anda di komentar dibawah ini...






Cara Memulai Usaha Apapun

Pernahakan anda terpikir kapan waktu terbaik untuk memulai usaha? atau  bagaimana memulai usaya yang baik dan benar?

Jika ada menjawab "YA", anda membaca artikel yang sangat tepat.

Dari pengalaman saya coaching pengusaha khususnya pemula, sering timbul pertanyaan, kapan waktu terbaik memulai ussaha dan bagaimana memulainya?

Jawab saya sederhana... simak video berikut ini:

3 Kesalahan Pemula dalam Content Marketing

Written By Tolop Marbun Academy on Friday, July 26, 2019 | 9:25 PM



Pernah akan anda berpikir apa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam konten marketing?

Jika, "YA", saya akan share dari pengalaman saya... langsung saja ya...

1. Menulis tanpa nice.

Nice itu target readers/audience kita. Biasanya pemula hanya menulis asal-asalan, apa saja ditulisin yang penting mulai berkarya, tetapi ujung-ujungnya bingung sendiri karena tidak punya readers/atau audience yang tepat sasaran. Boleh-boleh saja kita menulis suka-suka kita, tetapi tidak bertujuan untuk monetize content anda.


2. Menulis tanpa rencana

Biasanya pemula, tulis kapan saja dia mau. Tapi ujung-ujungnya timbul tenggelam, awalnya sih semangat, lama-lama jadi pudar. Semangat lagi, pudar lagi, semangat lagi dan pudar lagi. Hasilnya adalah capek sendiri.


3. Fokus pada hasil, bukan proses.

Sebaiknya sebagai pemula, jangan pikir-pikir dulu mendapatkan hasil yang besar. Ikuti saja dulu prosesnya.  Proses itu memang tidak enak, butuh waktu dan butuh kesabar. Tetapi, kembali kepada anda? Anda mau panen yang sedikit, atau panen lama dalam jangka lama.  

Pada awalnya persis seperti yang saya tulis ini, sampai akhirnya saya kerjakan yang lain, kemudian saya mulai fokus satu per satu. Lalu satu hari saya lihat akun PAYPAL saya masuk 400$ USD, sejak itu saya mulai fokus, mengenal target audience saya, dan belajar konsisten terus. YA BELAJAR, SOALNYA ITU SALAH SATU PALING BERAT.

Lalu bagaimana solusiya? Baca: 3 hal yang wajib anda lakukan dalam content marketing

3 Alasan penting headline dalam copywriting

 


Apakah anda pernah terpikir kenapa headline sangat penting dalam copywriting? atau anda masih penasaran mencari-cari alasan paling tepat?

Jika "YA", anda sedang menemukan artikel yang tepat.. kali saya akan sharing tentang 3 alasan penting Headline dalam copywriting.

Tanpa basa-basi kita lanjut saja ya...

1, Menciptakan kesan pertama.

Ada pepatah mengatakan anda tidak punya kesempatan kedua untuk menciptakan kesan pertama. Kesan pertama anda dalam copywriting adalah headline. Waktu anda hanya 3-5 detik, lewat dari itu kemungkinan besar anda sudah kehilangan kesempatan pertama. Oleh sebab itu anda harus harus bekerja keras untuk menciptakan kesan tersebut.  Saran saya, sebelum anda posting atau publish, lebih baik anda melakukan test dan ukur terlebih dahulu.



2. 80% Keberhasilan anda terledak pada headline.

80% orang hanya membaca headline terlebih dahulu, kemudian lakukan skimming atau scanning, jika mareka tidak menemukan alasan yang kuat untuk membaca, mereka akan melewatkan saja. Biasanya hanya 15%, saja yang akan membaca. Jika menarik, mereka akan membaca terus, jika tida, mereka akan meninggalkan saja.  Readers yang benar-benar mau membaca sampai pada CALL TO ACTION hanya 5% saja. 

5% ini sangat ditentukan heandline anda, seandainya audience anda 100 orang, maka hanya 5 orang benar-benar membaca sampai selesai. Oleh sebab itu perkuat headline anda.



3. Headline anda menentukan power (atau kekuatan) copywriting anda.

Copywriting anda powerful atau lemah itu sangat ditentukan oleh headlinenya, semakin powerful headline, maka semakin powerful copywriting anda.Sebaliknya, kalau headline biasa saja, maka copywriting anda biasa-biasa.

Berikut ciri-ciri headline yang powerful:
  • Solutif
  • Terbukti
  • Terukur
  • Terjamin
  • Logis


Contoh:
Terbukti bisa menurunkan berat badan 3-5kg dalam 2 bulan, jika tidak, gratis.


Semoga bermanfaat, silahkan share, dan tinggalkan komentar anda dibawah ini... sampai ketemu di materi berikutnya...

3 Hal yang wajib anda lakukan dalam content marketing

Credit Image: The Drum
 
Pernahkah anda berpikir apa-apa saja harus lakukan dalam content marketing? atau bagaimana anda mengatasi kesulitan dalam konten marketing? atau bagaimana tipsnya biar konsisten?

Jika "YA", anda membaca artikel yang tepat, kali saya (coach tolop) akan berbagi tips bagaimana anda mengatasi kesulitan dalam content marketing berdasarkan apa yang saya pelajari dan apa yang saya usahakan.

Mungkin anda bertanya, "kok usahakan?", memulai Content Marketing itu mudah sekali, tetapi untuk melanjutkannya sulit. Masih ingat quote ini:



Sulit bukan berarti  anda tidak bisa, anda bisa melakukannya, anda hanya butuh membiasakan diri supaya terbiasa, dan pada akhirnya anda bisa. (Tolop Marbun)

Anggap saja anda mengelo blog atau webiste, untuk menjadi blog/webiste yang stabil di SEO Google anda minimal memiliki 300 artikel, lebih banyak lebih baik. Bayangkan saja anda harus membuat 300 artikel, 1-20 mungkin anda masih semangat dan materi juga masih banyak, tetapi artikel-artikel selanjutnya, pasti semakin berat.... benar atau betul? tidak perlu anda jawab, saya juga pengalaman...

Lalu bagaimana anda bisa mengatasi kesulitan ini?



1. RECANAKAN PER 3 BULAN

Saya tidak mau muluk-muluk, yang praktis dan paling mudah anda lakukan merencanakan materi anda 3 bulan ke depan. Anda mulai bisa memilih thema, topik-topik, dan materi-materi yang anda butuhkan. Sehingga tidak terkesan kejar tayang. Celakanya, anda tidak ada jaminan anda punya ide baru setiap hari karena berbagai faktor.

Dalam Management anda quote
Gagal Merencanakan, Merencanakan kegagalan- NN
Kalau anda gagal merencanakan, berarti anda sudah merencanaka kegagalan anda. Merencanakan tetap lebih baik.



2. KERJAKAN MATERI 1 BULAN KE DEPAN HARI INI

Salah satu kebiasaan buruk saya dulu, mengerjakan materi hari ini, ya hari ini, sehingga kalau sudah ada halangan, maka akhirnya terbengkali, lama-lama jadi malas, lalu cari kesibukan lain, yang kadang ngak produktif..

Anggap saja anda sharing 2x seminggu, berarti anda harus siapkan 8 materi, maka anda persiapkan dulu 8 materi, baru anda mulai publish, setidaknya sekalipun anda kendala anda, materi satu bulan sudah tersedia.

Kecuali anda materi dadakan, dan anda harus tulis hari itu juga, tidak beda case..




3. TULIS SETIAP IDE-IDE YANG ANDA DAPATKAN

Ingat quote saya ini ya...

Ide cemerlang sering muncul seketika, tetapi seketika juga hilang, kalau anda tidak tulis. -Tolop Marbun

Banyak kehilangan ide cemerlang karena mereka tidak pernah mecatatnya, maka biasakanlah mencatat ide-ide tersebut. Karena ada kalanya, kita dapat ide, pikiran kita langsung beralih karena apa yang kita lihat di depan matat, sehingga kita lupa sama sekali.

Intinya, tulis saja dulu, kemudian nanti anda cocokkan dengan materi-materi yang ada sudah siapkan.

Sekain dulu ya...tunggu materi berikutnya...
 















 
Copyright © 2010-2021. Tolop Marbun Academy - All Rights Reserved
Proudly powered by MY MASTER COACH